Selasa, 04 Desember 2012

BUDIDAYA SEMUT RANGRANG PEMALANG JAWA TENGAH


Makanan Semut Rangrang

 

makanan semut rangrang

Makanan utama semut rangrang tidak lepas dari kandungan protein dan gula. Beternak semut rangrang di rumah juga harus bisa mengimbanginya walaupun tidak sama seperti di alam. Untuk protein bisa kita berikan jangkrik, cicak, kecoa, ulat hongkong ,ulat kandang , belalang, tulang ikan, tulang ayam, tulang sapi dan sisa sisa makanan yang lain. Kemudian untukkandungan gula bisa di berikan air lalu kita beri gula yang sedikit kental.

Gambar di atas adalah makanan yang saya berikan yaitu tulang ayam. Lihat sendiri betapa nikmatnya mereka menyantap hidangan yang saya sediakan. Tetapi itu ternak semut rangrang di pohon sendiri bukan di dalam toples. Karena mereka tidak bisa kemana mana maka saya kasih makanan. Makanan di atas tentunya tidak beda jauh sama ternak semut rangrang di dalam media toples. Selain berternak di media toples juga sekaligus melestarikan semut rangrang pada habitatnya.

Makanan  Semut Rangrang

Makanan  Semut Rangrang


Makanan semut rangrang tidak harus kita beri makan setiap hari. Kalau kebanyakan makanan yang di sediakan nantinya malah gak di makan dan di buang. Selalu berikan makanan yang variatif jangan satu macam. Tetapi jika memberikan makanan yang cukup banyak, kita tidak perlu memberikan makanan lagi selama berminggu minggu bahkan bisa sampai satu bulan( buatkan tempat tersendiri untuk makanan yang melebihi kapasitas ). Dan untuk minuman jangan sampai terlambat. Apabila tidak ingin repot kasih saja minuman yang banyak di tempat yang lebih besar. Jadi setiap hari tidak perlu isi ulang. Seandainya anda tidak punya cukup waktu alias sibuk.



Ternak Kroto Di Toples Menghasilkan Telur Ratu

 

Terjawab sudah yang selama ini menjadi pertanyaan sahabat semua termasuk mas bro. Seperti yang  masuk di kolom komentar maupun email. Apakah bisa ternak kroto di toples  tanpa ratu menghasilkan telur / larva ratu semut rangrang. Juga pertanyaan sebelumnya tentang gambar telur semut rangrang tanpa ratu apakah bisa menghasilkan telur (sudah di bahas). Memang sebelumnya mas bro belum bisa menjawab sesuai yang di harapkan, karena belum pernah mengalaminya.
Ternak Kroto Di Toples Menghasilkan Telur RatuSeiring dengan waktu, kali ini mas bro akan menjawab semua, bahwa ternak kroto di toples bisa menghasilkan telur ratu tanpa harus ada ratu. Mengenai semut rangrang tanpa ratu juga bisa menghasilkan telur. Tidak hanya di alam saja sekarang

di toples atau penangkaran di rumah pun dapat kita hasilkan. Semua itu sudah mas bro uji coba dan terbukti. Sementara jumlah yang ada di gambar sarang toples ada sekitar 30 ekor telur ratu. Mantab bro...
Pada saat ini perburuan ratu semut rangrang ramai di cari dimana-mana ( ora kroto tok sing diburu)  Apakah dengan cara mencari sendiri, pesan kepada penjual kroto dan pencari kroto. Sekarang adalah saatnya untuk budidaya ternak ratu sendiri. Jadi tidak perlu mencari atau berburu lagi. Tetapi tidak semudah itu untuk menghasilkan telur ratu, di butuhkan kesabaran dan proses waktu yang lama..

Dari mulai uji coba sampai pengamatan selama ini bahwa sarang semut rangrang di toples mas bro ternyata melahirkan telur ratu. Rasanya senang campur aduk (senenge puooool ). bisa menghasilkan telur ratu sendiri. Penantian yang panjang bagi mas bro untuk melihat sendiri hasil penangkaran semut rangrang di rumah, pada akhirnya tercapai juga di bulan puasa ini.

Sekedar untuk  informasi menurut penjual kroto bahwa produksi telur ratu atau ratu semut rangrang akan banyak di bulan puasa. Ternyata betul setelah survey langsung ke tkp di mana mana di penuhi telur ratu dan calon ratu (bersayap). Tentunya kroto yang di beli akan bercampur dengan telur ratu semut rangrang.

Semua ini masih dalam tahap proses untuk manjadi ratu. Gambar atau foto yang mas bro upload di flodesta adalah contoh telur ratu semut rangrang. Semoga saja mejadi usaha yang tidak sia sia dan akan sukses menjadi ratu semut rangrang. Dan yang pasti bisa menjadi bisnis usaha sampingan yang bisa menghasilkan uang untuk  sahabat 

Semoga bisa menjadi dorongan untuk terus semangat.


Toples Pakai Daun

 

Salam kroto..Ketemu lagi ya sob. Kali ini mencoba share lagi tentang cara sarang toples pakai daun. Memang kalau mas bro di suruh mencari ide atau cara yang terbaik seneng banget coy. Bagaimana kabarnya ? Semoga sehat selalu and tambah sukses selalu. Kreatifitas memang gak ada matinya, selalu ada saja. Dengan berbagai cara atau teknik telah di coba. Dari yang mudah sampai yang sulit sudah terlewati.

Sekarang saya akan mencoba memberikan alternatif tentang ternak kroto di toples dengan menggunakan tambahan daun. Pasti sobat pernah mencoba cara ini ya. Kalau sudah pernah di praktekin berarti kita sama dung. Terus apa yang terjadi selanjutnya . Apakah mati atau hidup ?.

toples daunDulu mas bro pernah mencoba dengan cara itu, tetapi akhirnya pada is dead semua bro. Disebabkan karena daun yang saya masukkan terlalu banyak


sedangkan lubang udara tidak seimbang dengan tempatnya. Jadi mati karena kehabisan udara kali ya. hehe...

Bagaimana cara ternak kroto dengan toples pakai daun? Sebenarnya pakai daun bisa saja. Sekalian mengimbangi seperti di alam. Setidaknya sarang toples sedikit berbau alam yaitu kita kasih daun. Menyesuaikan sedikit seperti habitat di alam.




Sekarang bagaimana caranya supaya di dalam toples  pakai daun tidak lembab atau kekurangan udara. Apakah lubang di perbanyak seperti pada artikel sebelumnya yang flodesta terbitkan. Kali ini berbeda sob.

Pada toples tetap kita kasih lubang kecil kecil di dinding sedikit ( tidak di kasih juga gak papa). Bagaimana dengan toplesnya? toples bisa kita buka tutupnya dan yang terbuka posisi ada di atas. Dinding toples bagian atas di beri lubang sedikit untuk gantungan minuman semut rangrang.Kemudian kita masukan batang daun (pucuk), daun jangan terlalu tua dan terlalu muda (sedang sedang saja). Untuk daun bisa kita kasih yang agak lama keringnya atau layu ( ojo plastik lo bro...wkwkkwk). Jangan daunya saja yang kita masukan tetapi sama batangnya. mengapa? karena batang yang kita ambil masih mengandung air. jadi untuk mengering agak sedikit lama.

Bagaimana kita tahu kalau nanti berkembang? Toples pakai daun memang terkendala pada bagaimana kita melihat perkembangan semut rangrangnya karena kita tidak bisa melihat.Jika kita sudah tahu masa panen kroto, kita tidak perlu melihatnya lagi cukup dengan membuka sarang daun. Jangan kuatir kalau setelah daun kita buka nantinya tidak mau membuat sarang lagi. Asalkan masih ada telur kecil yang belum berbentuk pupa atau kroto pasti akan merajut kembali dan menggabungkan lagi daunnya

Bagaimana jika daun mengering? Apabila daun mengering bisa kita tambahkan lagi daun plus batangnya. Semut rangrang akan berpindah ke daun yang baru. Daun yang kering bisa kita ambil. Kalau ada krotonya ya kita panen saja. beres...Jangan lupa di kasih makanan semut rangrang dan cara memberi makanan semut rangrang




Cara Pembuatan Sarang Kroto Menggunakan Toples

 

 

Sangat mudah sekali cara pembuatan sarang kroto menggunakan toples. Kalau teman ingin mencoba beternak atau membudidayakan semut rangrang. Cukup dengan menyediakan sebuah toples dan nampan. Sedangkan fungsi dari nampan adalah sebagai tempat untuk meletakkan toples. Tentunya nampan dii si dengan air. Supaya semut rangrangnya tidak lari kemana mana.

Selengkapnya sediakan alat sebagai berikut:

1. Toples

Untuk toples bebas ukuran, kalau bisa yang transparan. Lalu toples di lubangi seperti gambar di bawah ini untuk saluran keluar masuk semut rangrang dan sebagai tempat udara sarang kroto.





Cara Pembuatan Sarang Kroto Menggunakan Toples









Cara Pembuatan Sarang Kroto Menggunakan Toples


2. Nampan


Cara Pembuatan Sarang Kroto Menggunakan Toples
   

3. Solasi / plester coklat atau hitam, juga bisa menggunakan kertas.

Cara Pembuatan Sarang Kroto Menggunakan Toples

Fungsinya untuk menutupi toples agar semut rangrang cepat bersarang dan membuat jaring jaring. Setelah semut rangrang mau bersarang, bisa lepas solasinya atau  bisa juga membiarkannya.

















4. Batu bata atau yang lainya yang di taruh di atas nampan yang sudah berisi air sehingga toples tidak terendam air. 



Cara Pembuatan Sarang Kroto Menggunakan Toples

Gampang sekali tentang cara pembuatan sarang kroto menggunakan toples. Untuk teman semua mungkin sudah mencoba, bisa share disini. Mungkin saya ada kekurangan.









 

 

Cara Supaya Ratu tidak Pindah (Rak Toples)

 

Kali ini akan berbagi ilmu lagi nih sob cara supaya ratu tidak pindah ke sarang toples lain. Untuk sahabat flodesta  yang saya hormati. Bagi anda yang sudah  mencoba menjalankan ternak kroto menggunakan rak toples mungkin  pernah mengalami sarang yang ada ratunya dan semutnya berpindah ke toples lain sehingga menyebabkan toples jadi kosong. Apabila toples banyak yang kosong kan percuma di tempatkan di rak. Karena kita juga tidak tahu mana tempat yang di anggapnya nyaman dan enak menurut semut rangrang. Kita hanya berusaha semaksimal mungkin membuat sarang buatan jadi betah  untuk tempat tinggal semut ranggrang.

Cara Supaya Ratu tidak Pindah (rak toples)
foto by kroto kerangga


Menurut  mas bro tempat yang nyaman adalah tempat yang ada ratunya. Karena para aparatnya akan selalu mengikuti sang ratu kemanapun dia pergi. Tetapi juga tidak selalu semut rangrang ini tidak nyaman tanpa ada ratu.
Bagaimana caranya sekarang supaya ratu tidak pindah ke toples yang lain dalam satu rak? Oke sob akan saya coba langsung kasih tahu caranya

Cara pertama:
Siapkan toples kosong dan solder (memudahkan untuk melubangi toples) Sebelum kita memasukan sarang baru coba lubangi toples sebesar lubang solder ( intinya lubang tidak bisa untuk keluar ratu). Buat lubang sekitar diding toples dan atas toples secukupnya saja. Supaya ratu tidak bisa keluar dari toples. Kalau semut prajurit dan semut bekerja memang kita biarkan keluar masuk untuk membawa makanan dan mengeluarkan kotorannya sendiri.

Bagaimana kalau sudah terlanjur ada semut rangrangnya?. Gampang sob, coba persempit lubang tersebut dengan cara menutup sebagian lubang yang lebar dengan solasi atau plester sehingga hanya bisa untuk keluar semut bukan ratunya.

Perhatikan toplesnya jika terjadi penguapan atau terdapat embun didalam toples segera berbanyak lagi lubangnya. 

Bagaimana cara memberi makananan ternak semut rangrang kalau lubangnya sempit?. Untuk cara yang ini sudah flodesta bahas pada postingan sebelumnya.

Cara kedua.
Teknik yang ini merupakan masukan dari teman teman flodesta yang coba share kepada saya. Caranya adalah membuat tempat khusus untuk ratu. Jadi begini, untuk toples utama kita biarkan tetep ada cuma hanya menambahkan toples kecil di atasnya untuk tempat ratu saja. Untuk lubang toples ratu tetep kecil seperti cara yang pertama.

Bisa di lihat gambar rak toples

Bagaimana sobat, apakah sudah ada gambaran masuk kedalam pikiran anda. Cara mana yang bisa dipilih. Semuanya  mas bro serahkan pada sedulur kabeh. Karena mas bro tidak bisa memaksa dengan salah satu cara di atas. Pilihlah mana yang menurut anda enjoy.
















Gambar Semut Rangrang Jantan

 

Inilah gambar semut rangrang jantan yang anda bisa lihat. Ini juga sekaligus menjawab pertanyaan sahabat flodesta semua yang ingin tahu seperti apa bentuknya dan warnanya. Kalau dulu mas bro juga sudah membahas ternak kroto di toples menghasilkan semut rangrang jantan. Cuma belum sempat mengambil gambarnya. Sekarang saatnya saya coba tampilkan di sini.

Gambar Semut Rangrang Jantan


Gambar diatas adalah sebagai contoh saja. Mungkin ketika sahabat flodesta menjumpai pada sarang semut rangrang yang seperti gambar yang  pernah anda dapat dari berburu atau pernah melihat di tempat penjual kroto dengan warna hitam bersayap sebesar semut prajurit. Itulah semut rangrang jantan 

Jika mas-mas dalam penangkaran atau budidaya semut raangrangnya mempunyai si calon ratu, jangan kuatir (sabar broo...). Dalam satu sarang di toples  ketika sudah bisa menghasilkan telur ratu disitu nanti akan di susul dengan kelahiran semut rangrang jantan bisa juga bersamaan. Juga sebaliknya dalam sarang kroto toples yang gak ada calon ratunya pun juga bisa melahirkan semut rangrang jantan. Tapi nggo opo nek gak ono calon ratune utowo ratu seng durung neteske telur, rak ono gunane semut jantane.

 

 

 

Telur Ratu Tidak Berkembang Maksimal

 

Ketika sudah dapat menghasilkan telur ratu. Apakah nantinya bisa berkembang semua. Pertama kali tentunya akan merasa happy ( ki loh ndog ratuku akeh ) pastinya nanti akan punya banyak ratu. Ternyata setelah mengalami proses dan waktu. Perkembangan telur tersebut tidak sesuai dengan jumlah yang ada. Makin lama semakin berkurang.Tentunya alami sendiri ketika melihat  calon ratu hanya tinggal beberapa. huh....

Telur ratu semut rangrangBerdasarkan pengamatan saya sendiri. Ternyata telur atau larva tidak semuanya akan di supply makanan oleh semut pekerja. Mereka akan memilih beberapa untuk di jadikan ratu. Ada syarat dan kriteria khusus kali ya jika ingin jadi ratu. Jadi untuk telur yang tidak di beri makan akhirnya akan menjadi kering dan mati (guabug)

Apabila teman semua mengalami seperti yang flodesta alami tentunya tidak akan heran. Kita juga mengalamai hal yang sama. Tapi kalau jadi semua berarti sangat menakjubkan. hebat lu bro... share dong caranya. heheheh

Sedangkan proses jadi ratu juga mengalami waktu yang lama. Bahkan sampai sekarangpun saya lihat juga belum menjadi ratu. Walaupun sayap agak keriting sedikit dibandingkan yang pertama agak lurus. Sudah beberapa bulan ini sayap juga belum lepas.

Untuk para sahabat flodesta yang setia menunggu perkembangan calon ratu. Sampai saat ini juga belum jadi ratu. Untuk itu mohon kesabaranya. Bila nantinya sudah jadi pasti akan saya share kembali.(nek dadi)



Gambar Rak Toples Semut Rangrang

 

Inilah gambar rak kayu semut rangrang yang di dalamnya juga masih menggunakan toples. Pembuatan dengan rak kayu juga menguntungkan dari segi perawatan. Karena kita tidak harus mengganti tatakan air dalam jumlah yang besar. Kotoran semut rangrang juga tidak banyak di dalam toples dan menempel di dinding luar. Misalkan ada rak dengan isi 10, tentunya hanya mengganti  air 4 tatakan kaki rak. Sekat atau kotak bisa di buat lebih banyak sesuai ukuran toples. Bayangkan jika anda mempunyai seperti diatas 10 toples dengan tatakan nampan, perbandingan sangat banyak 4:10. Cara pemakaian rak sangat efesien sekali untuk sarang jumlah banyak.


rak toples semut rangrangGambar Rak Toples Semut Rangrang
Foto by Kroto Kerangga

Dalam penempatan rak, di haruskan jauh dari udara yang sangat kencang. Jika di tempatkan dalam udara yang sangat  kencang semut rangrang akan terbang kemana mana, disebabkan hembusan angin. Semut rangrang akan berjatuhan.Tentunya nanti akan merepotkan orang di sekitar anda. Pemberian makanan  semut rangrang maupun minuman lebih enak, kita tinggal meletakkan dengan tempat agak luas. Pergerakan semut rangrang juga lebih bebas dan leluasa.

Bagaimana sobat, apakah sudah mencoba dengan menggunakan rak kayu ? selamat mencoba. Pilihan ada pada sobat, mau menggunakan rak atau nampan  Semoga ternak semut rangrang anda jadi banyak dan berkembang.


 

Cara Panen Kroto Media Toples

 

Saat yang di nanti oleh teman yaitu cara panen kroto semut rangrang dari  toples. Penantian yang menegangkan, karena harus berhadapan banyak semut rangrang. Siap di keroyok oleh gigitan dengan rasa yang sangat perih sekali. Misalkan harus digigit 1 semut saja, saya kira masih bisa di atasi. Tetapi bagaimana jika jumlah semut rangrang ratusan bahkan sampai ribuan.

Cara Panen Kroto  Media Toples

Setelah melihat toples sudah banyak kroto. Pasti sobat berpikir untuk mengambil dan memanen. Entah mau di gunakan untuk kebutuhan sendiri, pakan burung, mancing dan di jual. Tetapi bingung caranya supaya tidak di gigit untuk mengambil krotonya. Apakah mau di panen atau di biarkan saja jadi banyak untuk bibit. Panen kroto di media toples sebenarnya sangat mudah, asalkan kita tahu caranya.




Cara Panen Kroto  Media Toples

Berikut yang harus di siapkan:

1. Sarung tangan karet
    Untuk apa sih sarung tangan. Supaya kulit kita tergigit secara langsung

2. Tepung pati
    Digunakan untuk melumuri sarung tangan dan dinding ember.

3  Ember (2)
    satu sebagai tempat membongkar toples sedangkan yang ke dua untuk tempat  kroto.





4. Batang kayu kecil / sapu lidi
untuk merobek jaring putih.,atau sobat bisa gunakan  langsung memakai tangan ( sudah terlindungi    sarung tangan+ tepung )


Pengambilan kroto bisa di tepuk tepuk setelah jaring di robek. kroto akan jatuh kebawah. Dibawah kan masih ada tutup toples, ketika kroto sudah diatas tutup toples. Ambil segera tutup toples yang sudah terisi kroto dan pindahkan ke tempat khusus untuk kroto, sebelum menyatu lagi dengan semut rangrang.
Atau kroto di tumpahkan di tempat ember tersendiri. Begitu seterusnya.

Jangka waktu panen kroto


Cara Mengatasi Semut Rangrang Terbang

 

Sahabat yang mas bro hormati. Bagaimana cara mengatasi semut rangrang terbang. Melihat dari sebagian teman kita ada yang mengalami kejadian seperti semut rangrang bersayap pada terbang. Mereka mungkin tidak tahu sendiri apakah semutnya bisa terbang. Dari cerita ataupun komentar yang katanya pada saat menangkar ternak kroto semut yang ada sayapnya saat itu masih ada tetapi pada ke esokan harinya sudah hilang semua. 

Cara Mengatasi Semut Rangrang Terbang

Ada beberapa kemungkinan yang pertama yaitu pengawasan ternak kita kan tidak selalu kita pantau setiap saat, mungkin karena kesibukan kita. Juga pada saat malam hari ( wayahe juragane turu). Pada malam hari inilah yang bisa menyebabkan kerawanan pada semut kita. Ancaman dari binatang lain. Terutama adalah cicak. Tahu sendiri kan bahwa cicak ini suka hewan yang seperti serangga. Kemungkinan yang bisa terjadi adalah dimakan cicak. Kemudian kemungkinan yang kedua adalah jatuh dari tempat penangkaran yang kemudian di serang oleh semut liar yang ada di bawahnya dan di bawa lari..

Tetapi disini mas bro hanya fokus pada supaya semut bersayap tidak terbang. Selama ini mas bro memang belum pernah mengalami kejadian seperti itu. Dari pengalaman saya bahwa semut rangrang bersayap di  penangkaran saya ( calon ratu dan semut rangrang jantan ) belum pernah ada yang terbang. Jika memang bisa terbang seperti yang di katakan atau dialami sahabat flodesta semua. Mas bro akan coba memberikan tip atau cara bagaimana supaya  terbang.

Sebenarnya sangat mudah dan simple sekali mengatasi semut rangrang yang ada sayap nya tidak bisa terbang. Anda tidak perlu harus menutup rapat lubang toples yang sekiranya semut rangrang yang ada sayapnya bisa keluar dari tempat toples. Biarkan saja lubang yang ada, karena untuk sirkulasi udara di

dalam toples. Terus bagaimana cara mengatasi mas bro? Hanya cukup dengan cara memotong sebagian dari sayap nya atau separuh sayap nya. Dan kemungkinan untuk terbang  atau kabur sudah tidak bisa lagi. Gampang sekali kan...

Semoga setelah mengetahui cara supaya semut rangrang yang bersayap agar tidak bisa terbang lagi. Sahabat semua akan menjadi lebih bersemangat lagi. Itulah sedikit tip dari mas bro yang bisa saya sampaikan.

Cara Mendeteksi Sarang Toples Ada Ratunya

 

Sebenarnya cara mendeteksi apakah sarang di toples ada ratunya sudah pernah coba beberapa bulan yang lalu. Tetapi mas bro belum sempat bagikan kepada sedulur kabeh. Salah satu kendala yang di alami adalah ketika ingin memperlihatkan ratunya di dalam sarang semut rangrang yang ada di toples. Toples memang kelihatan transparan tetapi tidak mudah untuk melihat sang ratu karena tertutup dengan jaring jaring sarang. Apalagi kalau sembunyi di dalam yang sarangnya besar, sudah tertutup semut, kroto, di buntel jaring sisan. Piye meh ndelok kene. Kecuali tempat ratu di pisah tentunya akan berbeda masalahnya. La wong ketok jelas kok di goleki. haha...
Cara Mendeteksi Sarang Toples Ada Ratunya


Cara yang paling mudah untuk mendeteksi ratu, sangat mudah sekali bagi mas bro ( neng toples lo ya..)

Pertama. Cara ini bisa kita lihat secara langsung dengan mata telanjang. Kita bisa lihat secara langsung pada toples. Ratu biasanya ada pada tepi atau pinggir dinding dalam toples, cari sekeliling toples juga dari atas.. Bisa di lihat pada tempat yang agak terang, pasti akan kelihatan itu ratunya. Cirinya di kelilingi anak buahe.

Kedua. Cara yang kedua kita bisa langsung balik itu toples dengan membuka tutup toples. kemudian kita buat sedikit " kejutan ". tusuk jaring atau bisa di "sobek sobek " plus di ketuk ketuk sitik sebagian toplese. Pokoknya sarang di buat sedikit kacau. Ojo kabeh sarange di sobek. Kita tunggu sebentar. sabarrrrr......sang ratu akan naik secara perlahan lahan tapi pasti. Kesulitan jika ratu di dalam toples terlalu banyak, nunggune kesuwen bro. Jangan takut sarang tidak kembali. Setelah aman para semut rangrang akan membentuknya lagi, di jahit meneh.

Ketiga. Cara ini agak sedikit ekstrim jika kita tidak sabar. Cara ini lebih joss gandos yaitu di bongkar semua itu sarang. Beress............Dijamin kelihatan semua.

3 komentar: